0
Siapa yang tidak kenal dengan android? Kesuksesan android yang mampu merajai pasar gadget dan komputer saat ini berkat kecanggihan teknologi sistem dan aplikasi-aplikasi di dalamnya yang terbukti dapat membantu berbagai jenis bidang pekerjaan sehingga menjadi lebih ringan. Saat ini teknologi-teknologi android terus dikembangkan dan diperkirakan akan bertahan hingga 5-10 tahun kedepan. Keunikan dari android ini yaitu terletak pada lisense yang open source sehingga dengan begitu akan sangat memungkinkan bagi siapa saja yang ingin dan memiliki kemampuan dalam pemprograman android untuk menciptakan atau hanya sekedar mengembangkan aplikasi-aplikasi menarik untuk dijalankan pada gadget android. Bahkan saat ini sudah banyak diciptakan beberapa tools yang dapat mengerjakan dalam pembuatan aplikasi-aplikasi android tanpa harus menguasai bahasa program android terlebih dahulu karena tools-tools tersebut berbasis interface yang tentunya dapat digunakan oleh seorang pemula sekalipun untuk membuat aplikasi-aplikasi android sesuai dengan keinginanan yang mereka inginkan untuk dipasang di gadget miliknya sendiri atau dijual kepada para pengguna gadget android lain.

Bila dilihat dari segi bisnis, android masih memiliki prospek yang sangat bagus. Tentunya hal ini sangat tepat bila kita saat ini ingin memulai untuk belajar membuat aplikasi android. Untuk bisa menguasai cara membuat aplikasi android ini sangat mudah karena saat ini telah banyak sumber refferensi tulisan yang mengajarkan kepada kita tentang bagaimana cara membuat aplikasi android yang mudah untuk ditemukan di internet, atau juga kita bisa bertanya sana sini baik melalui forum-forum khusus pengembang android ataupun melalui jejaring sosial.

Saat ini gadget android sudah dijual dengan harga yang cukup terjangkau dipasaran dengan berbagai jenis tipe dan merk yang disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Untuk mengetahui berapa harga gadget android dipasaran saat ini bisa anda Lihat Disini...

Sebelum memulai mengetahui cara membuat aplikasi android, hal pertama yang perlu diketahui yaitu memahami istilah-istilah program yang ada pada android, istilah-istilah tersebut bisa anda temukan dengan mudah di google, maka silahkan coba anda cari dan pelajari istilah-istilah tersebut. Setelah itu hal yang paling penting yaitu mengenai tools-tools apa saja yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android, tools-tools ini juga sudah banyak jenisnya sehingga tentukanlah beberapa tools pembuat aplikasi android apa yang paling sesuai dengan kemampuan dan keinginan yang anda inginkan.

Berikut beberapa tools yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android yang bisa kita dapatkan secara gratis :

1. Netbeans
Netbeans merupakan tools IDE (Integrated Developmnet Environtmen) yang biasa digunakan oleh para programmer untuk menulis dan membuat sebuah program atau aplikasi dengan menggunakan bahasa program utama yang digunakan yaitu Java. Netbeans merupakan tools pemprograman dengan lisense kode terbuka (open soure) sehingga sangat memungkinkan untuk didapatkan secara gratis oleh siapa saja yang ingin membuat sebuah aplikasi (Android).

Download Netbeans 6.0 Disinihttp://bits.netbeans.org/6.0/final/

2. Eclipse
Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Developmnet Environtmen) yang digunakan untuk membuat atau hanya untuk mengembangkan sebuah aplikasi, eclipse ini biasanya banyak digunakan oleh para developer pengembang aplikasi mobile seperti android karena tools ini mendukung banyak kemudahan dalam pengerjaan sebuah projek. Sama seperti halnya netbeans, Eclipse juga merupakan tools dengan lisensi kode terbuka (open source) sehingga sangat memungkinkan untuk dimiliki secara gratis. Selain itu eclipse ini juga memiliki beberapa keunggulan lainya yaitu kemampuanya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in sehingga tools ini sangat cocok untuk mengembangkan sebuah aplikasi untuk android.

Download Eclipse Juno Disinihttp://eclipse.org/downloads/

Untuk menjalankan kedua tools di atas kita masih membutuhkan beberapa plug-in pendukung lainya yaitu :



  • Java SE Development Kit (JDK) - Download Disini :
  • http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk7-downloads-1880260.html
  • Android SDK - Silahkan Download Disini :
  • http://developer.android.com/sdk/index.html
  • Android Development Tool (ADT) - Silahkan Baca Disini :
  • http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Eclipse:_ADT_plugin_untuk_Eclipse
  • Android Virtual Device (AVD) - Silahkan Baca Disini :
  • http://fendix.wordpress.com/2011/02/25/emulator-android-for-pc-buat-ujicoba-sistem-operasi-android/
Setelah anda menemukan tools apa yang paling sesuai dengan kebutuhan yang anda butuhkan, maka pada lain kesempatan nanti kita coba untuk memulai untuk membuat aplikasi sederhana hasil karya kita sendiri. Tunggu artikel selanjutnya.

Post a Comment

 
Top